Lowongan PT. Taspen (Persero)



PT TASPEN (PERSERO) adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang Asuransi dan Pensiun membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan Sarjana (S1) dan Diploma 3 (D3) untuk ditempatkan di luar Pulau Jawa.

A. Persyaratan Umum
1. Warga Negara Republik Indonesia (WNI)
2. Diutamakan yang bertempat tinggal dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di wilayah kerja Kantor Cabang Banda Aceh, Pematangsiantar, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, Gorontalo, Ternate, Jayapura, Mamuju, dan Manokwari.
3. Usia maksimal pelamar adalah 24 tahun untuk D3, dan 30 tahun untuk S1 pada tanggal 31 Desember 2010.
4. Indeks Prestasi 2,75 untuk PTN dan 3,00 untuk PTS
5. Program Studi yang diterima adalah lulusan :
Sarjana (Kode: S1) Jurusan : Hukum Perdata (KUM), Manajemen (MAN), Studi Pembangunan (STP), Matematika (MAT), Administrasi Negara/Niaga (ADM) dan Teknologi Informasi (TIN).
Diploma 3 (Kode: D3) Jurusan : Asuransi (ASR), Aktuaria (AKT), Akuntansi (AKU), Sekretaris (SEK), Desain Interior (DIN), Manajemen Informatika (MIN), Teknik Komputer (TKO), Perpajakan (PJK), Manajemen Pemasaran (MPM) dan Statistik ( STA).
6. Memiliki score TOEFL prediction min. 450 (khusus S1)
7. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama 2 tahun sejak diangkat sebagai Pegawai
8. Sehat Jasmani, Rohani, Bebas dari Penggunaan Narkoba dan Obat Psikotropika

B. Persyaratan Administratif
Membuat surat lamaran yang ditujukan kepada Manajer Utama Divisi Sumber Daya Manusia PT TASPEN (PERSERO), disertai lampiran sebagai berikut :
1. Daftar Riwayat Hidup (dilengkapi dengan no telp/HP);
2. Pas photo berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar;
3. Foto copy KTP yang masih berlaku sebanyak 1 lembar;
4. Foto copy Akte Kelahiran / Surat Keterangan Lahir;
5. Foto copy Ijasah /Surat Keterangan Lulus, transkrip nilai dan sertifikat TOEFL prediction yang dilegalisir oleh lembaga yang berwenang.
6. Asli Surat Keterangan Belum Menikah (minimal dari Kelurahan setempat)
7. Fotokopi Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) / Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian
8. Asli Surat Keterangan sehat jasmani (mencantumkan tinggi dan berat badan), sehat rohani, bebas narkoba dan obat psikotropika, bebas buta warna dari dokter/institusi yang berwenang
9. Membuat surat pernyataan bermaterai Rp.6.000,- dilampirkan pada berkas lamaran, yang menyatakan :
a. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai di Instansi Pemerintah/Swasta;
b. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan keputusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana;
c. Bersedia tidak menikah selama 2 tahun sejak diangkat sebagai Pegawai
d. Bersedia mengikuti seluruh prosedur dan tahapan seleksi;
e. Bersedia menanggung segala biaya alat tulis (pensil HB, 2B, peraut, penghapus dan papan alas tulis), transportasi dan akomodasi selama proses seleksi dari tempat tinggal (domisili) pelamar ke lokasi seleksi;
f. Bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan selama proses seleksi apabila pelamar telah dinyatakan lulus seleksi tahap akhir dan mengundurkan diri secara sepihak;
g. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
10. Fotokopi surat keterangan pengalaman kerja (bila ada).

C. Tata Cara Melamar
1. Berkas lamaran lengkap dengan lampiran persyaratan administratif dimasukkan dalam amplop coklat tertutup. Berkas lamaran dikirimkan ke :
PO BOX 2952 JKP 10029
2. Pelamar wajib mencantumkan kode S1 atau D3, kode jurusan dan kode asal pelamar pada sudut kiri atas di sampul depan amplop lamaran dan di dalam surat lamaran halaman pertama. Kode asal pelamar sebagai berikut :
a. Pelamar dari Pulau Sumatra dan sekitarnya (Kode SUM),
b. Pelamar dari Pulau Jawa, Bali, dan sekitarnya (Kode JAW),
c. Pelamar dari Pulau Kalimantan dan sekitarnya (Kode KAL),
d. Pelamar dari Pulau Sulawesi dan sekitarnya (Kode SUL),
e. Pelamar dari Papua dan Sekitarnya (Kode JAP),
Contoh : S1/KUM/SUM artinya pelamar lulusan S1 jurusan Hukum Perdata berasal dari Sumatera dan sekitarnya
3. Seluruh berkas lamaran yang masuk menjadi milik PT.TASPEN (PERSERO) dan tidak dapat ditarik/diambil kembali dengan alasan apapun;
4. Seleksi dilakukan dengan menggunakan SISTEM GUGUR.

D. Tahapan proses seleksi penting untuk diperhatikan oleh para pelamar :
1. Pengumuman lowongan dapat dilihat di situs www.taspen.com ; http://portal.bumn.go.id ; www.lptui.com
2. Berkas lamaran diterima paling lambat tanggal 24 April 2010 (Cap Pos)
3. Pengumuman pelamar yang lulus seleksi administratif dan berhak mengikuti seleksi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (khusus D3) dapat dilihat hanya di situs www.taspen.com dan www.lptui.com pada tanggal 06 Mei 2010

Keputusan kelulusan bersifat final dan mutlak tidak dapat diganggu gugat, serta tidak diadakan surat menyurat dan komunikasi dalam bentuk apapun terkait keputusan tersebut.

Website resmi:
http://www.taspen.com/